جَوْلَةٌ في مَلاعِبِ كَأْسِ العالَمِ بِدَوْلَةِ قَطَر

جَوْلَةٌ في مَلاعِبِ كَأْسِ العالَمِ بِدَوْلَةِ قَطَر

A tour of the 2022 World Cup stadiums in Qatar

سُهُولَةُ الوُصُولِ إِلَى الْمَلاعِبِ الْمُونْدِيَالِيَّةِ الَّتِي سَتَسْتَضِيفُ بُطُولَةَ كَأْسِ الْعَرَبِ أَثَارَتْ تَسَاؤُلًا لَدَى كَثِيرِينَ، خُصُوصًا القادِمِينَ إِلَى الدَّوْحَةِ فِي أَوَّلِ زِيارَةٍ

Kemudahan akses menuju stadion-stadion Piala Dunia yang akan menjadi tuan rumah turnamen Piala Arab telah menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang datang ke Doha untuk pertama kalinya.

Kemudahan akses ke stadion-stadion internasional yang akan menjadi tuan rumah turnamen Piala Arab telah menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang, terutama mereka yang datang ke Doha untuk pertama kalinya.

هُنَا سَنَأْخُذُكُمْ فِي جَوْلَةٍ تَسْتَطِيعُونَ فِيهَا -وَفِي يَوْمٍ واحِدٍ فَقَطْ- زِيارَةَ المَلاعِبِ الأَرْبَعَةِ فِي الْيَوْمِ الْأَوَّلِ

Di sini, kami akan membawa Anda dalam tur di mana Anda dapat – dalam satu hari saja – mengunjungi keempat stadion di hari pertama.

Di sini kita akan membawa Anda dalam tur di mana Anda dapat mengunjungi – dan hanya dalam satu hari – keempat stadion pada hari pertama.

بِدايَةً قَدْنَا السَّيّارَةَ إِلَى “اسْتادِ” أَحْمَدَ بْنِ عَلِيٍّ الْمُسْتَوْحَى مِنَ الثَّقافَةِ والْبِيئَةِ القَطَرِيَّةِ

Pertama, kami mengendarai mobil ke Stadion Ahmad bin Ali yang terinspirasi oleh budaya dan lingkungan Qatar.

Pertama-tama, kami mengemudi ke “Stadion” Ahmed bin Ali yang terinspirasi dari budaya dan lingkungan Qatar.

بَعْدَ ذَلِكَ اسْتَخْدَمْنَا “الْمِتْرُو” لِلذَّهَابِ إِلَى “اسْتادِ” الجَنُوبِ. قَطَعْنَا تَذاكِرَ الصُّعُودِ بِكُلِّ يُسْرٍ ثُمَّ أَخَذْنَا مَقاعِدَنَا مُتَوَجِّهِينَ إِلَى “اسْتادِ” الجَنُوبِ. هُنَا “اسْتادُ” الجَنُوبِ ذُو التَّصْمِيمِ المُسْتَوْحَى مِنْ أَشْرِعَةِ الْمَراكِبِ الَّتِي لَطَالَمَا جَابَتْ مِيَاهَ الخَلِيجِ

Kemudian, kami menggunakan metro untuk pergi ke Stadion Al Janoub. Kami membeli tiket naik dengan mudah dan kemudian duduk di kursi kami menghadap ke Stadion Al Janoub. Stadion Al Janoub ini memiliki desain yang terinspirasi dari layar kapal yang telah lama mengarungi perairan Teluk.

Setelah itu, kami menggunakan “Metro” untuk pergi ke “Stadion” Selatan. Kami membeli tiket naik dengan mudah dan kemudian duduk di kursi kami menuju “Stadion” Selatan. Di sini, “Stadion” Selatan memiliki desain yang terinspirasi dari layar perahu yang selalu melintasi perairan Teluk.

غَادَرْنَا “اسْتادَ” الجَنُوبِ لِلذَّهابِ هَذِهِ المَرَّةَ إِلَى “اسْتادِ” تِسْعَة سَبْعَة أَرْبَعَة (974) الَّذِي يَرْمُزُ إِلَى مِفْتاحِ الخَطِّ الدَّوْليِّ لِدَوْلَةِ قَطَرَ، لِنَشْهَدَ اسْتِعْداداتِ آخِرِ “اسْتادٍ” يُعْلِنُ جاهِزِيَّتَهُ لِاسْتِضَافَةِ الْبُطولَةِ

Kami meninggalkan Stadion Al Janoub untuk kali ini pergi ke Stadion 974, yang melambangkan kode telepon internasional Qatar, untuk menyaksikan persiapan akhir stadion yang mengumumkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah turnamen.

Kami meninggalkan “Stadion” Selatan untuk pergi kali ini ke “Stadion” 974, yang melambangkan kunci internasional Qatar, untuk menyaksikan persiapan terakhir “Stadion” yang mengumumkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah turnamen.

خِتامًا عُدْنَا بِـ”الْمِتْرُو” إِلَى نُقْطَةِ انْطِلاقَتِنَا الأُولَى لِنُأَخُذَ السَّيّارَةَ وَنَنْطَلِقَ شَمالَ الدَّوْحَةِ مُتَّجِهِينَ إِلَى “اسْتادِ” الْبَيْتِ المُسْتَوْحَى مِنْ بَيْتِ الشَّعَرِ الَّذِي سَكَنَهُ أَهْلُ بادِيَةِ قَطَرَ الَّذِينَ عَاشُوا مُرْتَحِلِينَ فِي صَحْرَائِهَا. سَيَشْهَدُ “الِاسْتادُ” افْتِتاحَ وَخِتامَ بُطُولَةِ كَأْسِ الْعَرَبِ

Akhirnya, kami kembali dengan metro ke titik awal kami, mengambil mobil dan menuju ke utara Doha menuju Stadion Al Bayt, yang terinspirasi dari tenda tradisional yang dihuni oleh orang-orang Badui Qatar yang hidup nomaden di padang pasirnya. Stadion ini akan menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan Piala Arab.

Terakhir, kami kembali dengan “Metro” ke titik awal perjalanan kami untuk mengambil mobil dan bergerak ke utara Doha menuju “Stadion” yang terinspirasi dari rumah sastra yang ditinggali oleh masyarakat nomaden Qatar yang hidup berpindah-pindah di padang pasir mereka. “Stadion” akan menyaksikan pembukaan dan penutupan turnamen Piala Arab.

مفردات

Vocabulary

سُهُولَة

Ease

اسْتاد (مَلْعَب)

stadium 

سَتَسْتَضِيف

will host

بُطُولَة

championship

جابَتْ (عَبَرَتْ)

roamed

اسْتِعْدادات

preparations

جاهِزِيّة

Readiness

اسْتِضافَة

Hosting

خِتامًا

Finally

بادِيَة

countryside

افْتِتاح

Opening (ceremony)

خِتام

Closing (ceremony)

عبارات

Expressions

المُسْتَوْحَى مِنْ…

inspired by

تَذاكِر الصُّعُود

boarding tickets

أشْرِعَة المَراكِب

boat sails

لَطالَمَا

for long time

يَرْمُزُ إِلَى…

Symbolizes

عاشُوا مُرْتَحِلِين

They were nomads 

Sumber: https://learning.aljazeera.net/en/articles/pages/21995

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *